GERAK MELINGKAR BERATURAN


Gerak Melingkar Beraturan dan Penjelasannya

Saat temanmu meminta untuk menunggu, apakah kamu sering memerhatikan jarum jam yang berputar? Rasanya lama sekali ya waktu berjalan. Nah, tahukah yang kamu perhatikan itu adalah salah satu contoh benda dengan gerak melingkar beraturan. Sebab, jarum jam selalu berputar dengan menempuh sudut yang sama, misalnya jarum detik menempuh 360o selama satu menit. Begitu juga dengan jarum menit dan jam, masing-masingnya punya besaran sudut tersendiri. Akan tetapi, apa itu sebenarnya gerakan melingkar beraturan? Baca terus ya!
Gerak melingkar beraturan (GMB) merupakan jenis gerak yang mirip,  namun tidak sama dengan gerak lurus beraturan (GLB). Perbedaannya terdapat pada jenis lintasannya. Pada GMB, lintasannya melingkar sesuai dengan namanya. Oleh karena itu, GMB adalah gerak suatu benda menempuh lintasan melingkar dengan kelajuan yang tetap. Besaran kecepatan/kelajuan linear adalah tetap, tetapi vektor (arah) kecepatan linear berubah setiap saat atau tidak tetap.

gerak melingkar beraturan
Contoh kecepatan linier tetap dan vektornya berubah
(sumber: bagibagiilmufisika.wordpress.com)

Mengapa sih kecepatan/kelajuan linearnya tetap? Hal ini disebabkan oleh kecepatan sudut yang juga tetap. Kecepatan sudut tetap, karena arah kecepatan sudut sama dengan arah putaran partikel. Karena besar dan arahnya yang tetap, besaran vektor yang tetap pada GMB adalah kecepatan sudut
Bagaimana dengan percepatan sudut dan linier pada GMB? Perubahan kecepatan sudut atau percepatan sudut adalah 0 karena kecepatan sudut tetap. Begitu pula dengan percepatan linier, karena percepatan sudut 0 maka percepatan liniernya pun 0. Nah, apakah tidak ada percepatan pada gerak melingkar beraturan? Tentu saja ada, yaitu percepatan yang tegak lurus dengan lintasan (percepatan sentripetal) yang mengakibatkan arah kecepatan linier berubah-ubah.
Nah, apakah tidak ada percepatan pada gerak melingkar beraturan? Tentu saja ada, yaitu percepatan yang tegak lurus dengan lintasan atau biasa disebut dengan percepatan sentripetal yang mengakibatkan arah kecepatan linear berubah-ubah.

r-1.png

Berdasarkan persamaan di atas, dapat disimpulkan bahwa semakin besar kecepatan linear/tangensial akan semakin besar pula nilai percepatan sentripetalnya. Pada percepatan sentripetal, arah vektornya menuju pusat lingkaran, namun vektor kecepatan linear arahnya lurus. Sedangkan, arah kecepatan sudut (ω) searah dengan putaran benda. Arah percepatan sentripetal dengan kecepatan linear tidak sama karena vektor percepatan dan kecepatan linear saling tegak lurus.
Begitu pula dengan arah percepatan sentripetal dan kecepatan sudut juga tidak sama. Pada percepatan sentripetal, arahnya selalu menuju ke pusat lingkaran, sedangkan pada kecepatan sudut sesuai dengan arah putaran benda.

z-1.png
sumber : https://blog.ruangguru.com/gerak-melingkar-beraturan-dan-penjelasannya
Share:

No comments:

Post a Comment

waktu

animasi  bergerak gif
animasi-bergerak-beruang-kutub-0014

Popular Posts

Powered by Blogger.

Popular Posts

Contact Us

Name

Email *

Message *

Search This Blog

Labels

Label Cloud

Featured

About Us

We present Woop a creative magazine templates for bloggers who love to blog on food, fashion, travel and for personal blog.

Recent Posts

Labels

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.