TEKS EKSPOSISI

Struktur Teks Eksposisi, Pengertian, Ciri dan Contohnya

Struktur Teks Eksposisi :

  1. Struktur yang pertama adalah tesis, tesis ini merupakan bagian paragraf yang mengandung sudut pandang penulis terhadap masalah yang dibahas.
  2. Struktur yang kedua argumentasi, argumentasi ini adalah alasan yang digunakan sebagai pendukung sebuah pendapat yang ada di tesis.
  3. Struktur yang ketiga adalah penegasan kembali pendapat dari sebuah tesis yang sudah dikemukakan di awal teks/paragraf. Tentunya penegasan kembali ini, tetap disertai fakta dan bukti-bukti yang mendukung.
Setelah mengetahui pengertian dari sebuah teks eksposisi serta bagaimana strukturnya, pembahasan kali ini adalah mengenai ciri-ciri sebuah paragraf eksposisi. Berikut adalah ciri-cirinya yang harus diketahui dan dipahami.
Ciri Ciri Teks Eksposisi :
  • Memiliki gaya penulisan informasi yang persuasif atau dengan kata lain bersifat mengajak
  • Berisi penjabaran terkait informasi-informasi yang berhubungan dengan pengetahuan
  • Tulisan Bersifat objektif dan tidak memihak
  • Penjelasan atau penjabaran informasi yang diberikan, disertai dengan data-data akurat dan berasal dari sumber yang tepercaya. Data tersebut berguna sebagai pendukung dari tulisan yang bersangkutan
  • Penulisan dan penyampaian teks dipaparkan secara lugas serta menggunakan bahasa baku sesuai dengan EYD
  • Fakta informasi yang diberikan banyak digunakan sebagai sebuah alat konkritasi dan kontribusi
Keenam poin ciri-ciri di atas menjadi ciri-ciri mendasar yang harus diketahui oleh pembaca, untuk membedakan antara teks eksposisi dengan jenis teks lainnya. Untuk lebih lengkap dan mendalam perihal ciri-ciri dari sebuah tulisan eksposisi atau yang biasa disebut sebagai teks informasi.
Teks eksposisi memiliki pengertian yaitu teks berupa paragraf atau karangan yang berisi informasi. Informasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengertian atau penjelasan. Teks ini sendiri menggunakan gaya bahasa yang padat, singkat dan akurat. Dari banyak contoh teks eksposisi singkat yang dapat kita cari di berbagai media, dapat diamati bahwa sebenarnya teks ini memiliki beberapa jenis.
Jenis teks definisi memaparkan definisi atau pengertian dari sebuah topik, sedangkan pada jenis proses, yang dipaparkan adalah tahap-tahap dari sesuatu hal secara tuntut. Gambaran suatu proses yang memiliki kesamaan antara satu dan lainnya dijelaskan menggunakan jenis teks ilustrasi. Jika ingin menyampaikan pelaporan dari sebuah kejadian, maka jenis teks yang dipakai adalah jenis teks laporan. Jenis teks perbandingan memiliki ciri terdapat perbandingan gagasan utama dengan gagasan lain, sedangkan jenis teks pertentangan yang terdapat di dalamnya adalah pertentangan antara satu dan lain hal.
Berdasarkan struktur teks eksposisi yang sudah dijabarkan di atas, dikaitkan dengan pengertian teks eksposisi dan ciri-cirinya, untuk memperjelas pembaca maka diperlukan adanya contoh. Simaklah beberapa contoh penulisan teks informasi sesuai dengan struktur yang sudah ditetapkan berikut ini.
Contoh Teks Eksposisi Singkat :
1. Contoh yang ada pada teks tesis
Pada saat kondisi perekonomian dunia sedang mengalami krisis besar-besaran, pertumbuhan ekonomi di negara Indonesia justru menunjukkan hasil yang sangat baik.
2. Contoh yang ada pada teks argumentasi
“hutang negara Indonesia saat ini sudah mencapai Rp 2.865 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat dalam setiap tahunnya. Hutang-hutang ini, nantinya menjadi sumber utama penghasilan komponen pemerintah dan dapat menjadi sebuah pendorong pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia” Ujar pengamat perekonomian Indonesia, Daeng.
Kesimpulannya, sebuah teks informasi dalam bahasa Indonesia biasanya digunakan dalam kalimat berita, penggunaan teks ini tidak boleh lepas dari struktur yang membentuknya. Struktur teks eksposisi atau teks informasi ini dapat dipecah lagi menjadi tiga, yaitu tesis, argumentasi dan penegasan kembali. Ketiga struktur tersebut tentu memiliki perbedaan, namun jika dijadikan sebuah satu kesatuan maka akan menghasilkan sebuah teks yang informatif dan sangat bermanfaat.
Wajib Anda Baca : 6 Contoh Text Eksposisi
Sebagai penulis teks informasi, Anda harus menyertakan bukti-bukti pendukung dari tulisan tersebut, agar berita yang disampaikan tidak terkesan fiktif dan dapat dipertanggungjawabkan di kemudian hari. Sekian informasi lengkap mengenai pengertian teks eksposisi beserta struktur teks eksposisi dan contohnya. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
sumber : http://pengertianparaahli.com/struktur-teks-eksposisi/
Share:

No comments:

Post a Comment

waktu

animasi  bergerak gif
animasi-bergerak-beruang-kutub-0014

Popular Posts

Powered by Blogger.

Popular Posts

Contact Us

Name

Email *

Message *

Search This Blog

Labels

Label Cloud

Featured

About Us

We present Woop a creative magazine templates for bloggers who love to blog on food, fashion, travel and for personal blog.

Recent Posts

Labels

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.